Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha
Penyayang. Begitulah di setiap surat Al
Qur’an (kecuali surat At Taubah) dituliskan kalimat Basmallah.
Allah Maha Penyayang. Sebetulnya Allah
benar-benar menyayangi/mencintai hambaNya. Beda sifat Ar Rahman(Maha Pengasih)
dengan Ar Rahiim (Maha Penyayangh) adalah sifat Ar Rahman (Maha Pengasih) meliputi
seluruh makhluk Allah baik yang beriman mau pun yang kafir. Allah memberikan
alam semesta ini seperti air, udara, bumi dan sebagainya ke semua makhluknya
tanpa pandang bulu.
Ada pun sifat Ar Rahim (Maha Penyayang) itu
adalah khusus bagi hamba-hamba Allah yang beriman. Hamba Allah yang saleh:
“Sungguh Allah lebih penyayang terhadap
hamba-hamba-Nya daripada seorang ibu terhadap anak bayinya” [HR Bukhari dan
Muslim]
قُلْ يَاعِبَادِي
الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنفُسِهِمْ لاَتَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللهِ إِنَّ
اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
“Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu yang
melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari
rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya
Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Az Zumar: 53)
Allah menurunkan 1% dari rahmatnya ke dunia.
Dengan 1% rahmat saja seekor binatang pun mengangkat kakinya karena khawatir
menginjak anaknya. Ada pun 99% lagi akan diberikan nanti di akhirat:
Dari Abu Hurairah r.a. pula, katanya: “Saya
mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: “Allah menjadikan kerahmatan itu sebanyak
seratus bagian, olehNya ditahanlah yang sembilan puluh sembilan dan
diturunkanlah ke bumi yang satu bagian saja. Maka dari kerahmatan yang satu
bagian itu sekalian makhluk dapat saling sayang-menyayangi, sehingga seekor
binatangpun pasti mengangkat kakinya dari anaknya karena takut kalau akan
mengenai -menginjak- anaknya itu.” Dalam riwayat lain disebutkan: “Sesungguhnya
Allah Ta’ala memiliki sebanyak seratus kerahmatan dan olehNya diturunkanlah
satu bagian dari seratus kerahmatan itu untuk diberikan kepada golongan jin,
manusia, binatang dan segala yang merayap. Maka dengan satu kerahmatan itu
mereka dapat saling kasih mengasihi, dengannya pula dapat sayang menyayangi,
bahkan dengannya pula binatang buas itu menaruh iba hati kepada anaknya. Allah
mengakhirkan yang sembilan puluh sembilan kerahmatan itu yang dengannya Allah
akan merahmati hamba-hambaNya pada hari kiamat.” (Muttafaq ‘alaih)
Rahmat Allah mendahului murkaNya:
Allah Azza wajalla berfirman (hadits Qudsi):
“RahmatKu mendahului murkaKu.” (HR. Muslim)
Kasih sayang Allah tergambar dari hadits di
bawah:
عَنْ ابْنِ عَبَّاسِ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلى الله عليه وسلم فِيْمَا
يَرْوِيْهِ عَنْ رَبِّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ
وَالسَّيِّئَاتِ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ: فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ
يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، وَإِنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا
كَتَبَهَا اللهُ عِنْدَهُ عَشْرَةَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى
أَضْعَافٍ كَثِيْرَةٍ، وَإِنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا
اللهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، وَإِنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا
اللهُ سَيِّئَةً وَاحِدَة
[رواه البخاري ومسلم
في صحيحهما بهذه الحروف]
Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, dari
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau meriwayatkan dari Tuhannya,
Tabaaraka wa ta’aala. Firman-Nya: “Sesungguhnya Allah telah menetapkan nilai
kebaikan dan kejahatan, kemudian Dia menjelaskannya. Maka siapa berniat
mengerjakan kebaikan tetapi tidak dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu
kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat untuk berbuat kebaikan lalu ia
mengerjakannya, Allah mencatatnya sebagai 10 sampai 700 kali kebaikan atau
lebih banyak lagi. Jika ia berniat melakukan kejahatan, tetapi ia tidak
mengerjakannya, Allah mencatatkan padanya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia
berniat melakukan kejahatan lalu dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu
kejahatan”. [HR. Bukhari dan Muslim dalam Kitab Shahihnya dengan redaksi yang
sama]
Jika Allah tidak penyayang dan sekadar
membalas 1 kebaikan dengan 1 pahala, berapa banyak manusia yang masuk surga?
Kasih sayang Allah terpancar dari Hadits
Qudsi (Firman Allah yang tidak dicantumkan dalam Al Qur’an, tetapi di Hadits
dengan redaksi dari Nabi):
عَنْ أَبِي ذَرٍّ
اْلغِفَارِي, عَنْ النّبِيّ صلى الله عليه وسلم. فِيمَا رَوَىَ عَنِ اللّهِ
تَبَارَكَ وَتَعَالَىَ أَنّهُ قَالَ: «يَا عِبَادِي إِنّي حَرّمْتُ الظّلْمَ
عَلَىَ نَفْسِي. وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرّماً. فَلاَ تَظَالَمُوا.
يَا عِبَادِي كُلّكُمْ
ضَالّ إِلاّ مَنْ هَدَيْتُهُ. فَاسْتَهْدُونِي أَهْدِكُمْ. يَا عِبَادِي كُلّكُمْ
جَائِعٌ إِلاّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ. فَاسْتَطْعِمُونِي أُطْعِمْكُمْ.
يَا عِبَادِي كُلّكُمْ
عَارٍ إِلاّ مَنْ كَسَوْتُهُ. فَاسْتَكْسُونِي أَكْسُكُمْ.
يَا عِبَادِي إِنّكُمْ
تُخْطِئُونَ بِاللّيْلِ وَالنّهَارِ, وَأَنَا أَغْفِرُ الذّنُوبَ جَمِيعاً.
فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرُ لَكُمْ.
يَا عِبَادِي إِنّكُمْ
لَنْ تَبْلُغُوا ضَرّي فَتَضُرّونِي. وَلَنْ تَبْلُغُوا نَفْعِي فَتَنْفَعُونِي.
يَا عِبَادِي لَوْ
أَنّ أَوّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ, وَإِنْسَكُمْ وَجِنّكُمْ. كَانُوا عَلَىَ أَتْقَىَ
قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ. مَا زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي شَيْئاً.
يَا عِبَادِي لَوْ
أَنّ أَوّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ. وَإِنْسَكُمْ وَجِنّكُمْ. كَانُوا عَلَىَ أَفْجَرِ
قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ. مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِي شَيْئاً. يَا عِبَادِي
لَوْ أَنّ أَوّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ. وَإِنْسَكُمْ وَجِنّكُمْ. قَامُوا فِي صَعِيدٍ
وَاحِدٍ فَسَأَلُونِي. فَأَعْطَيْتُ كُلّ إِنْسَانٍ مَسْأَلَتَهُ. مَا نَقَصَ
ذَلِكَ مِمّا عِنْدِي إِلاّ كَمَا يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ.
يَا عِبَادِي إِنّمَا
هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ. ثُمّ أُوَفّيكُمْ إِيّاهَا. فَمَنْ وَجَدَ
خَيْراً فَلْيَحْمَدِ اللّهَ. وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ يَلُومَنّ إِلاّ
نَفْسَهُ».
Dari Abu Dzarr al-Ghifary
RA., dari Nabi SAW., dalam apa yang diriwayatkannya dari Rabb-nya ‘Azza Wa
Jalla bahwasanya Dia berfirman,
“Wahai para hamba-Ku,
sesungguhnya telah Aku haramkan atas diri-Ku perbuatan zhalim dan Aku jadikan
ia diharamkan di antara kamu; maka janganlah kalian saling berbuat zhalim.
Wahai para hamba-Ku, setiap
kalian adalah sesat kecuali orang yang telah Aku beri petunjuk; maka mintalah
petunjuk kepada-Ku, niscaya Aku beri kalian petunjuk.
Wahai para hamba-Ku, setiap
kalian itu adalah lapar kecuali orang yang telah Aku beri makan; maka mintalah
makan kepada-Ku, niscaya Aku beri kalian makan.
Wahai para hamba-Ku, setiap
kalian adalah telanjang kecuali orang yang telah Aku beri pakaian; maka mintalah
pakaian kepada-Ku, niscaya Aku beri kalian pakaian.
Wahai para hamba-Ku,
sesungguhnya kalian berbuat kesalahan di malam dan siang hari sedangkan Aku
mengampuni semua dosa; maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya Aku ampuni
kalian.
Wahai para hamba-Ku
sesungguhnya kalian tidak akan mampu menimpakan bahaya kepada-Ku sehingga
kalian bisa membayakan-Ku dan tidak akan mampu menyampaikan manfa’at kepada-Ku
sehingga kalian bisa memberi manfa’at pada-Ku.
Wahai para hamba-Ku,
andaikata hati generasi terdahulu dan akhir dari kalian, golongan manusia dan
jin kalian sama seperti hati orang paling takwa di antara kamu (mereka semua
adalah ahli kebajikan dan takwa), maka hal itu (keta’atan yang diperbuat
makhluk-red.,) tidaklah menambah sesuatu pun dari kekuasaan-Ku
Wahai para hamba-Ku,
andaikata hati generasi terdahulu dan akhir dari kalian, golongan manusia dan
jin kalian sama seperti hati orang paling fajir (bejad) di antara kalian
(mereka semua ahli maksiat dan bejad), maka hal itu (kemaksiatan yang mereka
perbuat-red.,) tidaklah mengurangi sesuatu pun dari kekuasaan-Ku.
Wahai para hamba-Ku,
andaikata generasi terdahulu dan akhir dari kalian, golongan manusia dan jin
kalian berada di bumi yang satu (satu lokasi), lalu meminta kepada-Ku, lantas
Aku kabulkan permintaan masing-masing mereka, maka hal itu tidaklah mengurangi
apa yang ada di sisi-Ku kecuali sebagaimana jarum bila dimasukkan ke dalam
lautan.
Wahai para hamba-Ku,
sesungguhnya ia hanyalah perbuatan-perbuatan kalian yang aku perhitungkan bagi
kalian kemudian Aku cukupkan buat kalian; barangsiapa yang mendapatkan
kebaikan, maka hendaklah ia memuji Allah dan barangsiapa yang mendapatkan
selain itu, maka janganlah ia mencela selain dirinya sendiri.”(HR.Muslim)
Dari Anas bin Malik ra dia berkata:
Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Alloh SWT berfirman, “Wahai anak Adam,
sepanjang engkau memohon kepada-Ku dan berharap kepada-Ku akan Aku ampuni apa
yang telah kamu lakukan. Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika dosa-dosamu
setinggi awan di langit kemudian engkau meminta ampunan kepada-Ku akan Aku
ampuni. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau datang membawa kesalahan
sebesar dunia, kemudian engkau datang kepada-Ku tanpa menyekutukan Aku dengan
sesuatu apapun, pasti Aku akan datang kepadamu dengan ampunan sebesar itu
pula.” (HR. Tirmidzi, ia berkata, ”hadits ini hasan shahih.”)
Agar disayang Allah,
hendaknya kita menyayangi yang ada di muka bumi baik itu manusia, hewan,
tumbuhan, dan alam ini:
Orang yang belas kasihan
akan dikasihi Arrahman (Yang Maha Pengasih), karena itu kasih sayangilah yang
di muka bumi, niscaya kamu dikasih-sayangi mereka yang di langit. (HR. Bukhari)
Hadis riwayat Jarir bin
Abdullah ra. dia berkata:
Rasulullah saw. bersabda:
Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya.
(Shahih Muslim No.4283)
Demi yang jiwaku dalam
genggamanNya. Kamu tidak dapat masuk surga kecuali harus beriman dan tidak
beriman kecuali harus saling menyayangi. Maukah aku tunjukkan sesuatu bila kamu
lakukan niscaya kamu saling berkasih sayang? Sebarkan salam di antara kamu.
(HR. Muslim)
Allah Ta’ala berfirman:
“Katakanlah -wahai Muhammad-, jikalau engkau semua mencintai Allah, maka
ikutilah saya, tentu engkau semua dicintai oleh Allah, serta Allah mengampuni
dosamu semua dan Allah itu adalah Maha Pengampun lagi Penyayang.” (Ali-Imran:
31)
Berikut doa Nabi Daud agar
disayang Allah:
Rasulullah SAW bersabda: “Di
antara doa Nabi Daud AS ialah: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu
cintaMu dan cinta orang-orang yang mencintaiMu dan aku memohon kepadaMu
perbuatan yang dapat mengantarku kepada cintaMu. Ya Allah, jadikanlah cintaMu
lebih kucintai daripada diriku dan keluargaku serta air dingin.” Dan bila
Rasulullah SAW mengingat Nabi Daud AS beliau menggelarinya sebaik-baik manusia
dalam beribadah kepada Allah.” (HR Tirmidzi 3412)
Allah begitu sayang kepada
HambaNya sehingga meski kebaikannya hanya sebesar dzarrah/atom, Allah akan
membalasnya selama orang itu beriman kepadaNa.
Hadis riwayat Abu Said
Al-Khudri ra.:
Bahwa kaum muslimin pada
masa Rasulullah saw. bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kami dapat melihat
Tuhan kami di hari kiamat? Rasulullah saw. bersabda: Ya! Kemudian beliau
melanjutkan: Apakah kalian terhalang melihat matahari di siang hari yang cerah,
yang tidak ada awan sedikit pun? Apakah kalian terhalang melihat bulan pada
malam purnama yang cerah tanpa awan sedikit pun? Kaum muslimin menjawab: Tidak,
wahai Rasulullah. Rasulullah saw. bersabda: Kalian tidak akan terhalang melihat
Allah Taala pada hari kiamat, sebagaimana kalian tidak terhalang melihat salah
satu dari matahari dan bulan. Ketika hari kiamat terjadi, ada penyeru yang
mengumumkan: Setiap umat hendaklah mengikuti apa yang dahulu disembah. Maka
tidak tersisa orang-orang yang dahulu menyembah selain Allah yakni berhala,
kecuali mereka berjatuhan ke dalam neraka. Hingga yang tinggal hanya
orang-orang yang menyembah Allah ada yang baik dan ada yang jahat serta
sisa-sisa Ahli Kitab, maka dipanggillah orang-orang Yahudi. Mereka ditanya: Apa
yang dahulu kalian sembah? Mereka menjawab: Kami menyembah Uzair anak Allah.
Dikatakan: Kalian salah! Allah tidak menjadikan seorang pun sebagai sahabat
atau anak. Lalu apa yang kalian inginkan? Mereka menjawab: Kami haus, ya Tuhan
kami berilah kami minum. Lalu ditunjukkan pada mereka: Kenapa kalian tidak
datang ke sana? Mereka digiring ke neraka, seolah-olah neraka itu fatamorgana
yang saling menghancurkan. Mereka pun berjatuhan ke dalam neraka. Kemudian
orang-orang Kristen dipanggil. Mereka ditanya: Apa yang dahulu kalian sembah?
Mereka menjawab: Kami menyembah Isa Almasih anak Allah. Dikatakan kepada
mereka: Kalian salah! Allah tidak menjadikan seorang pun sebagai sahabat atau
anak. Apa yang kalian inginkan? Mereka menjawab: Kami haus ya Tuhan, berilah
kami minum. Lalu ditunjukkan pada mereka: Kenapa kalian tidak datang ke sana?
Mereka digiring ke neraka Jahanam, seolah-olah neraka itu fatamorgana yang
saling menghancurkan. Mereka pun berguguran ke dalam neraka. Ketika yang
tinggal hanya orang-orang yang dahulu menyembah Allah Taala (yang baik dan yang
jahat), maka Allah datang kepada mereka dalam bentuk yang lebih rendah daripada
bentuk yang mereka ketahui. Dia berfirman: Apa yang kalian tunggu? Setiap umat
mengikuti apa yang dahulu disembah. Mereka mengucapkan: Ya Tuhan kami, di dunia
kami memisahkan diri dari orang-orang yang sebenarnya sangat kami butuhkan
(untuk membantu kehidupan di dunia) dan kami tidak mau berkawan dengan mereka
(karena menyimpang dari jalan yang digariskan oleh agama). Allah berfirman: Akulah
Tuhan kalian! Mereka mengucap: Kami mohon perlindungan kepada Allah darimu.
Kami tidak akan menyekutukan Allah dengan apapun (ini diucapkan dua atau tiga
kali), sampai sebagian mereka hampir-hampir berubah (berbalik dari kebenaran,
karena cobaan berat yang berlaku saat itu). Allah berfirman: Apakah antara
kalian dan Dia ada tanda-tanda, sehingga dengan demikian kalian dapat
mengenal-Nya? Mereka menjawab: Ya, ada. Lalu disingkapkanlah keadaan yang
mengerikan itu. Setiap orang yang hendak bersujud kepada Allah dengan keinginan
sendiri, pasti mendapat izin Allah. Sedangkan orang yang akan bersujud karena
takut atau pamer, tentu Allah menjadikan punggungnya menyatu (sehingga tidak
dapat sujud). Setiap kali hendak sujud, ia terjungkal pada tengkuknya. Kemudian
mereka mengangkat kepala mereka, sementara itu Allah telah berganti rupa dalam
bentuk yang mereka lihat pertama kali. Allah berfirman: Akulah Tuhan kalian.
Mereka menyahut: Engkau Tuhan kami. Kemudian suatu jembatan dibentangkan di
atas neraka Jahanam dan syafaat diperbolehkan. Mereka berkata: Ya Allah,
selamatkanlah, selamatkanlah. Ada yang bertanya: Ya Rasulullah, apakah jembatan
itu? Rasulullah saw. bersabda: Tempat berpijak yang licin (menggelincirkan).
Padanya terdapat besi berkait dan besi berduri. Di Najed ada tumbuhan berduri
yang disebut Sakdan. Seperti itulah besi-besi berkaitnya. Orang-orang mukmin
melewati jembatan tersebut ada yang secepat kejapan mata, ada yang seperti
kilat, seperti angin, seperti burung, seperti kuda atau unta yang kencang larinya.
Mereka terbagi menjadi tiga kelompok, golongan selamat sama sekali, golongan
yang terkoyak-koyak tapi dapat bebas dan golongan yang terjerumus ke dalam
neraka Jahanam. Pada saat orang-orang mukmin telah terbebas dari neraka, maka
demi Zat yang menguasai diriku, tidak ada orang yang sangat menaruh perhatian
dalam meraih kebenaran, melebihi orang-orang mukmin yang mencari kebenaran
kepada Allah demi kepentingan saudara-saudara mereka yang masih berada di
neraka. Mereka berkata: Wahai Tuhan kami, mereka dahulu berpuasa bersama kami,
salat dan beribadah haji. Lalu difirmankan kepada mereka: Keluarkanlah
orang-orang yang kalian kenal. Maka wajah mereka diharamkan atas neraka. Mereka
mengeluarkan banyak orang dari neraka. Ada yang sudah terbakar hingga separuh
betisnya dan ada yang sudah sampai ke lututnya. Orang-orang mukmin itu berkata:
Ya Tuhan kami, di dalam neraka tidak ada lagi seorang pun yang Engkau
perintahkan untuk dikeluarkan. Allah berfirman: Kembalilah (lihatlah kembali)!
Barang siapa yang kalian temukan di hatinya ada kebaikan meski hanya seberat
dinar. Keluarkanlah. Kemudian mereka dapat mengeluarkan banyak orang. Lalu
mereka berkata: Ya Tuhan kami! Kami tidak tahu apakah di neraka masih ada orang
yang Engkau perintahkan untuk dikeluarkan. Allah berfirman: Kembalilah
(lihatlah kembali)! Barang siapa yang kalian temukan di hatinya ada kebaikan
maski hanya seberat setengah dinar, keluarkanlah. Mereka dapat mengeluarkan
lagi banyak orang. Setelah itu mereka berkata: Ya Tuhan kami! Kami tidak tahu,
apakah di sana masih ada seseorang yang Engkau perintahkan untuk dikeluarkan.
Allah berfirman: Kembalilah (lihatlah kembali)! Barang siapa yang kalian
temukan di dalam hatinya terdapat kebaikan meski hanya seberat atom,
keluarkanlah. Lagi-lagi mereka dapat mengeluarkan banyak orang. Kemudian mereka
berkata: Ya Tuhan kami. Kami tidak tahu apakah di sana masih ada pemilik
kebaikan. Abu Said Al-Khudri berkata: Jika kalian tidak mempercayaiku mengenai
hadis ini, maka bacalah firman Allah: Sesungguhnya Allah tidak menganiaya
seseorang walaupun sebesar atom. Dan jika ada kebaikan sebesar atom, niscaya
Allah akan melipat-gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.
Allah Taala berfirman: Para malaikat telah memohon syafaat, para nabi telah
memohon syafaat dan orang-orang mukmin juga telah memohon syafaat. Yang tinggal
hanyalah Zat yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang. Lalu Allah
mengambil dari neraka dan mengeluarkan dari sana sekelompok orang yang sama
sekali tidak pernah beramal baik. (Saat itu) mereka telah menjadi arang hitam.
Mereka dilempar ke sebuah sungai dekat mulut surga, yang disebut Sungai
Kehidupan. Kemudian mereka keluar seperti tumbuhan kecil keluar dari lumpur
banjir. Bukankah kalian sering melihat tumbuhan kecil di sela-sela batu atau
pohon, di mana bagian yang terkena sinar matahari akan berwarna sedikit kuning
dan hijau, sedangkan yang berada di keteduhan menjadi putih? Para sahabat
menyela: Seolah-olah baginda dahulu pernah menggembala di dusun. Rasulullah
saw. meneruskan: Lalu mereka keluar bagaikan mutiara. Di leher mereka ada
kalung, sehingga para ahli surga dapat mengenali mereka. Mereka adalah
orang-orang yang dibebaskan Allah, yang dimasukkan oleh Allah ke dalam surga,
tanpa amal yang mereka kerjakan dan tanpa kebaikan yang mereka lakukan.
Kemudian Allah berfirman: Masuklah kalian ke dalam surga. Apapun yang kalian
lihat, itu adalah untuk kalian. Mereka berkata: Ya Tuhan kami, Engkau telah
memberi kami pemberian yang belum pernah Engkau berikan kepada seorang pun di
antara orang-orang di seluruh alam. Allah berfirman: Di sisiku ada pemberian
untuk kalian yang lebih baik daripada pemberian ini. Mereka berkata: Ya Tuhan
kami, apa lagi yang lebih baik daripada pemberian ini? Allah berfirman:
Rida-Ku, sehingga Aku tidak akan murka kepada kalian sesudah itu, selamanya.
(Shahih Muslim No.269)
Agar disayang Allah,
hendaknya kita senantiasa saling sayang-menyayangi. Seorang Muslim tidak akan
mencari atau berburuk sangka kepada sesama Muslim dengan dalih apa pun. Tidak
sepantasnya seorang Muslim berlaku keji hanya karena beda paham/aliran:
Allah Ta’ala berfirman pula:
“Hai sekalian orang yang beriman, siapa yang bermurtad dari agamanya, maka
Allah akan mendatangkan kaum yang dicintai olehNya dan merekapun mencintaiNya.
Mereka itu bersikap lemah lembut kepada kaum mu’minin dan bersikap keras
terhadap kaum kafirin. Mereka berjihad fisabilillah dan tidak takut celaan
orang yang suka mencela. Demikian itulah keutamaan Allah, dikurniakan olehNya
kepada siapa yang dikehendakiNya dan Allah adalah Maha Luas KaruniaNya serta
Maha Mengetahui.” (al-Maidah: 54)
Dari Abu Hurairah r.a.,
katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman
-dalam hadits Qudsi: “Barangsiapa yang memusuhi kekasihKu, maka Aku memberitahukan
padanya bahwa ia akan Kuperangi -Kumusuhi. Tidaklah seorang hambaKu itu
mendekat padaKu dengan sesuatu yang amat Kucintai lebih daripada apabila ia
melakukan apa-apa yang telah Kuwajibkan padanya. Tidaklah seorang hambaKu itu
mendekat padaKu dengan melakukan hal-hal yang sunnah, sehingga akhirnya Aku
mencintainya. Apabila Aku telah mencintainya, maka Akulah telinganya yang ia
pakai untuk mendengarkan, Akulah matanya yang ia pakai untuk melihat, Akulah
tangannya yang ia pakai untuk mengambil dan Aku pulalah kakinya yang ia pakai
untuk berjalan. Jikalau ia meminta sesuatu padaKu, pasti Kuberi dan jikalau ia
mohon perlindungan padaKu, pasti Kulindungi.” (Riwayat Imam Bukhari)
Dari Abu Hurairah r.a. pula
dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Jikalau Allah Ta’ala itu mencintai seorang hamba,
maka Dia memanggil Jibril untuk memberitahukan bahwa Allah mencintai si Fulan,
maka cintailah olehmu -hai Jibril- si Fulan itu. Jibril lalu mencintainya,
kemudian ia mengundang kepada seluruh penghuni langit memberitahukan bahwa Allah
mencintai si Fulan, maka cintailah olehmu semua -hai penghuni-penghuni langit-
si Fulan itu. Para penghuni langitpun lalu mencintainya. Setelah itu
diletakkanlah penerimaan baginya -yang dimaksudkan ialah kecintaan padanya- di
kalangan penghuni bumi.” (Muttafaq ‘alaih) Dalam riwayat Imam Muslim
disebutkan: Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala apabila
mencintai seorang hamba, lalu memanggil Jibril kemudian berfirman:
“Sesungguhnya Saya mencintai si Fulan, maka cintailah ia.” Jibril lalu
mencintainya. Seterusnya Jibril memanggil pada seluruh penghuni langit lalu
berkata: “Sesungguhnya Allah mencintai si Fulan, maka cintailah olehmu semua si
Fulan itu.” Orang itupun lalu dicintai oleh para penghuni langit. Selanjutnya
diletakkanlah penerimaan -kecintaan- itu baginya dalam hati para penghuni bumi.
Dan jikalau Allah membenci seorang hamba, maka dipanggillah Jibril lalu
berfirman: “Sesungguhnya Saya membenci si Fulan itu, maka bencilah engkau
padanya.” Jibril lalu membencinya, kemudian ia memanggil semua penghuni langit
sambil berkata: “Sesungguhnya Allah membenci si Fulan, maka bencilah engkau
semua padanya.” Selanjutnya diletakkanlah rasa kebencian itu dalam hati para
penghuni bumi.”
Hendaknya kita selalu
berbaik sangka kepada Allah:
Hadis riwayat Abu Hurairah
ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai
dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia
mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya
dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku
pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka.
Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila
dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia
datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan
berlari. (Shahih Muslim No.4832)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar